Minggu, 20 Maret 2011

Renungan dan Keserasian

Renungan
Renungan berasal dari kata renung; artinya diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung. Dalam merenung untuk menciptakan seni ada beberapa teori antara lain :teori pengungkapan, teori metafisik dan teori psikologis.
Keserasian
Keserasian adalah perbandingan antar kedua belah sesuatu menjadi sesuatu yang cocok. Perkembangan Teori Evolusi Darwin. 1. Sejarah Singkat Charles Darwin (1809 – 1882) Teori Darwin sangat sesuai dengan hukum Ekologi Biologi, hukum keseimbangan/keserasian.Keserasian juga bisa dibilang dengan kelarasan yaitu dua hal yang berbeda yang bisa menjadi terlihat indah dan selaras/serasi.seperti pada taman yang hijau tumbuh pohon-pohon hijau yang menjadikan tempat itu terlihat serasi.contoh keserasian pada manusia atau hubungan juga suka terjadi keserasian.Dua orang yang berhubungan dan memiliki kesamaan atau kecocokan bisa di katakan serasi.Jadi,keserasian bisa di teorikan menjadi hal yang cocok

Mahasiswa Gelar Renungan Malam Berdarah

MAKASSAR, KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar malam renungan peringatan April Makassar Berdarah (AMARAH) di halaman kampus UMI, Makassar, Jumat.

Berbagai perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) universitas ini, memasang ratusan lilin yang mengelilingi halaman kampus mereka sebagai tanda perenungan mereka terhadap tragedi kasus bentrokan UMI yang terjadi 14 tahun silam di kampus tersebut.

Ketua BEM Fakultas Kedokteran UMI, Juslan Kasmar di sela-sela aksi itu mengatakan, malam renungan ini merupakan simbol kesedihan mahasiswa terhadap tragedi kemanusiaan yang telah menelan korban tiga orang rekan mereka saat peristiwa berdarah terjadi di kampus itu pada 24 April 1996 lalu.

"Malam renungan ini memang bagian dari agenda kami yang telah di susun dalam tiga konsep pada peringatan April Makassar berdarah (Amarah) ini," ungkapnya, Sabtu (24/4/2010) dini hari.

Sebelumnya, BEM se-UMI telah melakukan aksi keliling kampus dan menggelar dialog terbuka bersama dengan LBH dan perwakilan dari TNI/Polri yang mengangkat tema mengenai tragedi berdarah yang telah menewaskan tiga orang mahasiswa UMI itu.

"Sangat di sayangkan, karena dalam dialog itu perwakilan TNI tidak hadir," ucapnya.

Padahal, dialog itu membahas pelanggaran HAM di Kampus UMI dengan tema peringatan Amarah yang ke-14 ini tetap pada nilai perjuangan mahasiswa Makasssar yang mendesak pengusutan terhadap pelanggaran HAM di Kampus UMI.

Aksi teaterikal yang dibawakan UKM (unit kegiatan mahasiswa) Seni dilakukan di tugu peringatan AMARAH yang terletak di sebelah kiri pintu utama kampus UMI Makassar, di Tugu itu tampak sebuah prasasti yang bertuliskan April Makassar Berdarah.

Peringatan AMARAH ke-14 itu dilakukan selama dua hari yakni 23 - 24 April 2010, dengan agenda aksi damai yang akan dilakukan pada 24 April berdasarkan kesepakatan dari seluruh perwakilan BEM se-UMI mulai dari Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Farmasi, Sastra dan Fakultas lainnya.
Opini:
Menurut saya renungan dan keserasian itu pasti dilakukan oleh setiap orang. Disaat kita melakukan suatu kesalahan pasti kita merenungkan apa yang telah kita perbuat. Sesuai fungsinya renungan berfungsi untuk mendapatkan teori-teori atau jawaban dari hasil renungan tersebut. Demikian dengan keserasian biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari seperti kita mencocokan celana warna apa yang serasi dengan baju yang akan kita pakai. Kurang lebihnya seperti itu.
Sumber:
http://www.scribd.com/doc/23481886/Manusia-Dan-Keindahan
http://regional.kompas.com/read/2010/04/24/01551980/Mahasiswa.Gelar.Renungan.Malam.Berdarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar