Minggu, 13 Maret 2011

Bab III Manusia dan Cinta Kasih

Saya akan membahas sedikit terlebih dahulu mengenai definisi cinta. Menurut saya kasih adalah suatu bentuk pemberian. Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut. Jadi menurut saya cinta kasih adalah suatu pemberian yang ditujukan kepada orang yang kita sayangi. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:
• Perasaan terhadap keluarga
• Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
• Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
• Perasaan yang hanya merupakan kemahuan, keinginan hawa nafsu atau cinta eros
• Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
• Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
• Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
• Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
• Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme
Untuk memberikan contoh dari cinta kasih tersebut saya akan menceritakan atau menggambarkan sebuah kejadian yang mengandung cinta kasih.

Hidup Ku Hanya untuk Nenek
Di sebuah desa terdapat seorang nenek tua yang hanya tinggal dengan satu orang cucu di sebuah gubuk tua dan sangat kecil. Sebut saja nenek itu sebagai nenek sarah. Rumah nenek sarah itu sangat jauh dengan penduduk desa setempat. Kehidupan mereka sangat lah miris. Dikarenakan nenek sarah yang ditinggal oleh suami tercintanya, karena meninggal dunia. Dan kedua orang tua cucunya pun yang tidak pernah ada kabarnya. Kehidupan dua manusia itu pun berlanjut semakin miris , dikarenakan umur nenek Sarah yang sudah semakin tua dan sering sakit nenek sarah pun tidak bisa bekerja lagi di sawah untuk menghidupi kehidupannya bersama cucunya. Cucunya pun baru berumur 6 tahun. Sungguh malang nasib cucunya tersebut yang hanya dapat melihat satu-satunya kerabat yang dia miliki, terbaring sakit. Nenek sarah merawat dan membesarkan cucunya seorang diri. Sebagai seorang cucu yang sangat mencintai dan mengasihi neneknya dia tidak tinggal diam, cucunya merawat dan melakukan apa pun seorang diri untuk menjaga neneknya. setiap hari cucunya itu mengambil air dari pompa, memasak, mengambil dedaunan di kebun sekitar. Bahkan cucunya pun bekerja menggantikan neneknya sebagai kuli pangkul bebatuan sampai merawat neneknya dari menyuapi memandikan, itu hanya dilakukannya seorang diri. Sungguh hebat cucu nenek Sarah itu. Ketika ditanya oleh seorang wartawan televisi mengapa dia sanggup melakukan ini dia hanya menjawab “aku hidup karena nenek, dan hidup ku untuk nenek.”. Walau dia masih kecil tapi ketegugan hati dan cinta kasihnya begitu besar untuk neneknya.

Opini :
Dari cerita diatas dapat dilihat cinta kasih seorang cucu kepada neneknya yang begitu besar. Karena kasih yang dia miliki dia bertahan hidup. Menurut saya kekuatan cinta yang kita miliki untuk seseorang menjadikan sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin.
Begitu lah penjelasan mengenai cinta kasih menurut saya. Cerita tersebut saya dapat ketika saya menonton acara di televisi. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Terimaksih telah membaca blog saya.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Cinta

1 komentar: