Minggu, 27 Maret 2011

Manusia dan Penderitaan

Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Untuk lebih detailnya maka akan sayaberi contoh sebuah kasus mengnai manusia dan penderitaan.Setiap manusia pasti mengalami penderitaan, baik berat ataupun ringan. Penderitaan adalah bagian kehidupan manusia yang bersifat kodrati. Karena itu terserah kepada manusia itu sendiri untuk berusaha mengurangi penderitaan itu semaksimal mungkin, bahkan rnenghindari atau menghilangkan sama sekali. Manusia adalah mahluk berbudaya, dengan budayanya itu is berusaha mengatasi penderitaan yang mengancam atau dialaminya. Hal ini membuat manusia itu kreatif, balk bagi penderita sendiri maupun bagi orang lain yang melihat atau mengamati penderitaan.Untuk lebih detailnya maka akan saya beri contoh sebuah kasus mengenai manusia dan penderitaan.



STUDI KASUS
Kenaikan BBM Picu Sakit Jiwa
Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kesehatan menilai kenaikan harga BBM dapat menaikkan angka pengidap gangguan jiwa, tindak kriminalitas, dan bunuh diri. "Itu tidak hanya terjadi pada keluarga miskin, tapi juga akan terjadi pada keluarga kaya," kata direktur LBH Kesehatan, Iskandar Sitorus di Surabaya, Jumat (6/6). Menurut dia, kenaikan harga BBM akan menambah tingkat stres masyarakat yang sehari-hari sudah memiliki beban hidup cukup besar. "Stres itu dapat berdampak pada kondisi kejiwaan bagi masyarakat, kecuali masyarakat yang mampu mengendalikan diri dan pasrah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa," katanya. Bahkan, katanya, seorang teman yang suka berkelakar menyatakan, kenaikan harga BBM harus didukung, karena kenaikan harga BBM akan mengurangi jumlah rakyat miskin. "Tapi, hal itu hanya kelakar seorang teman saja, karena jumlah rakyat miskin akan berkurang akibat stres dan mati gara-gara kenaikan harga BBM itu," katanya.
Namun, kelakar itu harus disikapi pemerintah dengan langkah-langkah yang serius untuk mengurangi penderitaan masyarakat akibat kenaikan harga BBM.
"Pemerintah harus mengurangi penderitaan masyarakat miskin dengan memberikan bantuan kepada mereka, sesuai dengan daftar masyarakat miskin yang terdata," katanya menambahkan. Dengan data yang terprogram itu, pemerintah dapat membantu masyarakat miskin yang sulit berobat akibat mahalnya obat, masyarakat miskin yang sulit menyekolahkan anaknya akibat mahalnya biaya sekolah, dan sebagainya.

http://properti.kompas.com/read/2008/06/06/18242451/Kenaikan.BBM.Picu.Sakit.Jiwa

Opini :
Berdasarkan studi kasus diatas itu merupakan contoh penggambaran penderitaan. Kenaikan BBM merupakan salah satu dari setiap permasalahan perekonomian tiap Negara. Dampak dari kenaikan BBM itu sangat dapat dirasakan oleh rakyat kecil. Dengan kenaikan BBM maka harga bahan makanan pokok pun otomatis akan ikut naik. Ketidak naikan BBM saja sudah banyak yang mengalami penderitaan ekonomi. Pada zaman ini sangat lah sulit untuk mencari pekerjaan. Maka tiap orang pun bingung bagaimana caranya agar mereka dapat berlangsung hidup layak setidaknya makan sehari dua kali. Melonjaknya harga-harga BBM dan bahan pokok memicu tindak criminal yang semakin meningkat. Karena tiap orang pasti akan berusaha untuk mencapai hidup yang layak, bahkan bagi sebagian orang demi mencapai itu segala hal pun menjadi dihallalkan. Tingkat kemiskinan pun bertambah, banyaknya pengemis,pengamen di setiap jalan. Bahkan banyak yang tidak kuat menjalani hidup sampai stress ahirnya mereka menjadi gila. Adapun seorang ibu yang tega memberikan anaknya racu karena sudah tidak sanggup memberi makan dan nafkah untuk anak-anaknya. Masalah kemiskinan merupakan salah satu dari contoh penderitaan yang banyak dialami oleh rakyat Indonesia . penderitaan membuat sebagian orang buta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar