Minggu, 20 Maret 2011

Keindahan

KEINDAHAN
Saya akan sedikit membahas mengenai pengertian keindahan dan, nilai ekstrinsik dan intrisik. Sebelum membaca studi kasus yang saya dapat dan opini yang saya buat. Selamat membaca..
Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.
- Nilai ekstrinsik
Nilai ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya (”instrumental! Contributory value”), yakni nilai yang bersifat sebagai alat atau membantu contohnya puisi, bentuk puisi yang terdiri dari bahasa, diksi, baris, sajak, irama, itu disebut nilai ekstrinsik
- Nilai intrinsik
Nilai intrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan, atau sebagai suatu tujuan, ataupun demi kepentingan benda itu sendiri. Contohnya : pesan puisi yang ingin disampaikan kepada pembaca melalui (alat benda) puisi itu disebut nilai intrinsik .

Keelokan pada Manusia
Wanita yang elok rupanya disebut "cantik" atau "ayu", sementara pria yang rupawan disebut "tampan" atau "ganteng" di dalam masyarakat. Sifat dan ciri seseorang yang dianggap "elok", apakah secara individu atau dengan konsensus masyarakat, sering didasarkan pada beberapa kombinasi dari Inner Beauty (keelokan yang ada di dalam), yang meliputi faktor-faktor psikologis seperti kepribadian, kecerdasan, keanggunan, kesopanan, kharisma, integritas, dan kesesuaian, dan Outer Beauty (keelokan yang ada di luar), yaitu daya tarik fisik yang meliputi faktor fisik, seperti kesehatan, kemudaan, simetri wajah, dan struktur kulit wajah.
Standar kecantikan/ketampanan selalu berkembang, berdasarkan apa yang dianggap suatu budaya tertentu sebagai berharga. Lukisan sejarah memperlihatkan berbagai standar yang berbeda untuk keelokan manusia. Namun manusia yang relatif muda, dengan kulit halus, tubuh proporsional, dan fitur biasa, secara tradisional dianggap paling elok sepanjang sejarah.
http://id.wikipedia.org/wiki/Keindahan
Opini:
Nlai keindahan menurut saya dimiliki oleh setiap orang tetapi keindahan tersebut dapat berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya. Kita dapat melihat dari halkecil terlebih dahulu, seperti kecantikan seseorang,selera berpakaian pun tiap orangnya berbeda-beda. Mungkin bagi seorang pria Indonesia lebih menyukai sosok wanita yang cantik dari fisik seperti, tinggi, langsing, putih dan mancung. Karena wanita dengan tipetersebut bukan cirri-ciri penduduk asli Indonesia yang kebanyakan berkulit sawo matang, tidak terlalu tinggi dan tidak mancung seperti kebayakan orang eropa atau arab. Tidak bisa dipungkiri manusia secara alamia memiliki rasa bosan tersendiri terhadap sesuaru yang ada disekitarnya. Tapi tidak sedikit juga pria Indonesia yang menyukai waita asli Indonesia. Wanita pun punya daya tarik masing-masing bahkan ada yang berlomba-lomba untuk menjadikan diri mereka lebih menarik dari sebelumnya. Tapi ada juga yang tidak bermakeup pun terlihatlebih cantik dari pada saat dia bermake up.
Selera berpakaiaan atau fashiom seseorang pun berbeda-beda. Terutama wanita biasanya mreka tipe berpakaian merek sesuai dengan trend yang ada. Kadang seorang wanita merasa lebih cantik, gaul dan trendi apa bila mengikuti trend yang ada. Keindahan kecantikan,berpakaian seseorang terus berkembang dan berubah setiap saat dan berbeda-beda pada tiap orangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar